Wednesday, August 28, 2024

TINGKATKAN KOMPETENSI GURU, SDN PANIMBANGJAYA 2 GELAR IHT “VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA FOR EDUCATION”


Indsmedia.com - In House Training (IHT) merupakan suatu kegiatan pelatihan bagi pegawai internal dalam sebuah intansi. Di SDN Panimbangjaya 2 kegiatan tersebut rutin diikuti beberapa kali dalam satu tahun dengan topik yang berbeda-beda oleh bapak/ibu guru. Mengacu pada gagasan Ki Hajar Dewantara yang memandang bahwa pendidikan itu harus sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan lingkungan, sementara kodrat zaman berkaitan dengan softskill sesuai perkembangan zaman. Perkembangan teknologi yang begitu pesat sangat berdampak pada bidang pendidikan, diantaranya adalah pembuatan bahan ajar yang menarik untuk membangun suasana kelas yang menyenangkan.


 

Pada kesempatan IHT kali ini yang dilaksanakan Hari Senin s.d. Selasa tgl 26-27 Agustus 2024 menghadirkan Bapak Endi Sutrisna, S.Sos.,S.Pd.,Gr. sebagai narasumber dalam kegiatan IHT SDN Panimbangjaya 2. Beliau merupakan guru SDN Citeureup 3 sekaligus Youtuber yang membahas bahan ajar yang menarik menggunakan aplikasi “Canva”. Canva merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai desain grafis online untuk keperluan seperti presentasi, poster, video, undangan, dan sebagainya. “Untuk mendapatkan berbagai desain grafis yang lebih banyak dan variatif maka harus menggunakan Canva For Education. Caranya dengan login menggunakan akun belajar.id” ungkap Pak Edi Juhaedi, S.Pd. selaku Kepala SDN Panimbangjaya 2.


IHT kali ini bapak/ibu guru dipandu oleh Pak Endi Sutrisna dalam membuat video pembelajaran melalui canva. “sebagai langkah awal untuk pembuatan video, bapak/ibu tinggal memilih template atau disain yang sudah tersedia disesuaikan dengan selera atau mapelnya, atau bisa juga mendesain sendiri agar lebih variatif” jelasnya. Beliau menjelaskan berbagai fitur dan fungsinya satu per satu dengan sangat gamblang. Selanjutnya, beliau memandu bapak/ibu guru untuk mengupload video pembelajaran melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) di menu bukti karya. Salah satu syarat penting yang perlu disiapkan yaitu memiliki akun youtube.



Pada era digitalisasi seperti saat ini kegiatan pembelajaran tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi. Oleh karena itu, IHT kali ini membawa “angin segar” untuk membekali para pendidik agar dapat menciptakan suasana belajar yang lebih modern, interaktif, dan kreatif. (SW)