Monday, September 10, 2018

Tips Lolos CPNS Tahun 2018

Izin , Saya akan membagikan sedikit tips kiat-kiat Penerimaan CPNS 2018 :
1. Mintalah Restu pada Orangtua dan Berdoalah kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan kemudahan dalam mengerjakan

2. Terus berlatih dan membaca "gambaran-gambaran" soal-soal CPNS baik via internet (banyak ko di Google) ataupun membeli buku latihan (Buatlah rangkuman kecil)

3. Jangan buru-buru pilih formasi, lihatlah peluang yang memungkinkan kita bisa masuk didalamnya (lihat kuota yang dibutuhkan dan Mininimal Background Pendidikan yg dibutuhkan)

4. Setelah kamu dinyatakan berkas diterima, terus pantau Web Resmi CPNS 2018 agar tidak telat informasi
" Lokasi test dimana, jam berapa, pakai baju apa, no absen berapa, dan apa saja dokumen pendukung di Hari H yang harus di bawa"

5. Test CPNS menggunakan Sistem CAT. Adapun Soal CPNS 100 soal terbagi pada 3 Jenis  yaitu :
a. Test Wawasan Kebangsaan (TWK) = 30 Soal
( Jangan lupa pelajari Momentum-Momentum Penting yang pernah terjadi di Indonesia khususnya dari masa Pra Kemedekaan sampai Peristiwa-Peristiwa Besar yang pernah di ikuti Negara Indonesia. Minimal harus bisa menjawab 15 Soal )

b. Test Intelegent Umum (TIU) = 35 Soal
( Ini biasanya soal berkisar pengetahuan Umum , seringnya sih soal Bahasa Indonesia dan Matematika Cerita. Minimal harus bisa menjawab 20 Soal)

c. Test Karakteristik Pribadi (TKP) = 35 Soal
( Ini soal-soal Psikologi Kepribadian, untuk menjawab diusahakan sekonsisten mungkin. Dalam soal ini semua jawaban ada nilainya)

6. Prinsip Menjawab Soal CPNS (khususnya TIU dan TWK) adalah :
1) Tanamkan Prinsip :
a. YAKIN
b. TINGGALKAN
(Biasanya kalian akan diberikan satu lembar untuk oret-oret, bisa kita gunakan lembar itu untuk mencatat Nomer mana yang KITA TIDAK YAKIN. Sehingga disaat kita ingin koreksi kita tidak perlu dihabiskan waktu untuk membaca soal-soal yang kita sudah yakin benar)

2) Untuk soal cerita, Bacalah akhir soal terlebih dahulu (pertanyaannya) sebelum membaca awal/cerita. Sehingga bisa membuat dalam fikiran kita tertanam pertanyaannya apa disaat kita membaca soal ceritanya (agar fikiran kita bisa langsung berimajinasi)

Semangat ya Guys, Bismillah Yakin Bisa...!!