Saturday, November 21, 2015

MERANCANG DAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN IPS DI SD KELAS 3 DAN 4 DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF



MERANCANG DAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN IPS
DI SD KELAS 3 DAN 4 DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF

A.     Metode Ceramah
Ceramah adalah pidato yang disampaikan oleh seseorang pembicara di depan kelompok pengunjung (dalam hal ini siswa). Metode ini sangat baik jika digunakan untuk jumlah siswa yang banyak. Selain itu, sangat baik untuk menjelaskan materi yang banyak, namun waktu terbatas (sedikit).
Selain untuk menjelaskan materi yang banyak, dapat dipakai sebaiknya penambah bahan yang sudah pernah dibaca. Di samping dapat dicapai untuk memberi pengantar atau mengulang pelajaran. Lebih-lebih jika alat peraga yang dimiliki terbatas. Metode ceramah menjadi kurang baik jika guru kurang menguasai bahan atau materi pelajaran. Di samping itu, bagi seorang guru yang kurang menarik apabila berbicara, sebaiknya tidak menggunakan metode ini sebab siswa akan menjadi bosan. Lebih-lebih jika guru tidak memberikan ringkasan materi yang akan diajarkan.

B.      Metode Tanya Jawab
Metode ini dapat dipakai untuk hal-hal berikut ini, Menanyakan kembali pelajaran yang telah diajarkan. Guru bertanya kepada siswa bahan yang telah diterangkan, Menyelingi pembicaraan untuk mendapatkan kerja sama siswa. Guru bertanya, murid menjawab. Diteruskan bertanya lagi dan melalui hal lain diminta menjawab dan seterusnya.
Memimpin pengamatan dan pemikiran siswa. Dalam hal ini, guru memberikan problem dengan menyuruh siswa mengamati diagram atau peta, Kemudian, diminta menganalisis dan menyimpulkan.
Keunggulan metode tanya jawab adalah berikut mi.
I)  Siswa lebih aktif karena tidak hanya mendengarkan.
2) Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga guru mengetahui apa yang belum dimengerti oleh siswa.
3) Guru mengetahui pemahaman siswa terhadap apa yang telah diterangkan.

Kelemahan metode tanya jawab adalah berikut ini.
I) Dengan tanya jawab, pembicaraan kadang-kadang menyimpang dan pokok pembicaraan.
2) Membutuhkan waktu yang lebih lama.

Sumber: Modul UT