Saturday, October 25, 2014

Coba Metode Pembelajaran Ini, dijamin siswa anda ketagihan !



Metode ini telah saya buktikan dengan objek siswa SLTA Kelas 2, dalam proses uji coba selama 1 semester terbukti siswa aktif bertanya dan aktif di kelas. Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang menjadikan guru sebagai media pengantar bukan sebagai robot yang selalu hadir di depan kelas, yang kadang banyak siswa yang sibuk dengan urusan sendirinya saja. Pada metode belajar umumnya biasanya siswa capek percuma dan  murid pun tidak menerima materi pembelajaran yang kita ajarkan,artiny robot guru di depan kelas tersebut sia-sia heee.









Kita langsung saja ke metode , cara ini melalui penilaian objektif artinya, siapa yang aktif dia mendapatkan nilai,,dan kehadiran juga diperhitungkan, berikut metodenya:

1.    Nilai Aktif
a.    Bertanya dinilai point 1
b.    Menjawab lemaran penyaji karena tidak bisa menjawab dinilai point 2
c.    Menyajikan materi di depan kelas dinilai point 5
d.    Menyajikan materi di depan  kelas tapi diundur tidak sesuai jadwal pertama dinilai point 4

2.    Kehadiran
Izin/sakit dinilai point minus 1
Alpa dinilai point minus 2
Bolos dinilai point minus 3

3.    Penilaian akhir
Hasil nilai point 1 dan 2 kita tambahkan nilai UTS dan UAS semester  1 untuk nilai akhir semester 1
Dan hasil point 1 dan 2 kita tambahkan nilai UTS dan UAS semester 2  untuk nilai akhir semester 2

Teknis pemberian materi penyajian dapat dilakukan per siswa atau kelompok, teknis nya dikondisikan guru masing-masing. Dapat juga Kita acak dengan membuat undian untuk mementukan materi dan urutan penyajian pertama sampai yang terakhir.

Dalam pelaksanaannya kita sebagai penengah dan jangan sesekali kita ikut campur dalam isi debat dan jawaban pemateri sebelum acara tersebut selesai, baru ketika siswa sudah selesai kita  mengevaluasi terhadap penyajian, tatacara penyajian, isi materi , pertanyaan dan jawaban, hal ini dilakukan  agar siswa mendapatkan jawaban hari itu juga dan mendapatkan pokok pikiran tentang materi pelajaran yang di diskusikan.

Metode pembelajaran ini dijamin 100% berhasil, Dan ingat cara ini juga harus sesui dengan RPP yg telah kita buat seblumnya.

Selamat mencoba.