Friday, October 17, 2014

Bermain Peran berdasarkan Naskah drama yang ditulis siswa

 


Adakah kegieten drama disekolahmu? Bermain drama merupakan  kegiatanmenyenenangkan dan penuh tantangan.Banyak orang terkenal hanya karena drama Rendra Putu Wijaya ,Arifin C. Nur .merka adalah pemain drama yang baik.Banyak pula pemain drama yang baik kemudian menjadi bintang film ,atau sinetron .Mereka adalah Slamet Raharjo ,Abidin Domba,Cristin Hakim dan lain-lain.Mereka bermain drama dengan baik swwwwwelain namanya terkenal juga berpenghasilan tinggi Mereka dapat hidup makmur dari bermain peran ataudrama.
Bermain drama memerlukan keterampilan dan penjiwaan yang mendalam .Tujuannya untuk mendapatkan gambaran watk tokoh-tokohnya .Kalian harus mampu mengenali,menjiwai,dan memerankan tokoh seperti yang digambarkan dalam naskah drama itu .Misalnya kalian berpran sebagai orang yang mabuk ,maka kalian harus tahu bagai mana tingkah laku orang yang sedang mabuk.
IIkutilah langkh-langkah berikut sebelum kalian bearmain drama ;
1.Bacalah naskah drama berulang-ulang,jika perlu hapalkan kta-perkata .Hal ini bertujuan unyuk memahami isi naskah yang akan dimainkan.
2.Kenalilah peran tiap tokoh melalui dialog atau narasi akan disampaikan penulis naskah ,ini dapat dilakukan bersama-sama .
3.Melakukan setiap dialog dengan lafaldan intonasai yang jalas .
4.Mendalami peran dengan mulai berlatih vokalmimik dan gerakan tubuh .Pada bagian ini kalian dapat melakukan latihan acting sendiri di depan cermin .
5.Melakukan latihan peragaan pentas .
6.Melakukanglaaaadi resik atau latihan terekhir dengan kostum ,latar tempat ,dan dialog dengan tokoh lain .Pada saat ini dekorasi panggung  sudah lengkap dan sesuai dengan naskah yang akan dimainkan .
  


Penulis ;Endah .

No comments:
Write komentar

E-learning