Friday, July 25, 2014

5 Cara Atasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan





Kebiasaan menunda pekerjaan mungkin pada awalnya Anda anggap biasa saja. Tapi jika terlalu sering dilakukan, akibatnya bisa berdampak pada kinerja Anda dan kesehatan karena menunda pekerjaan juga bisa menyebabkan stres.

Jangan biarkan kebiasaan menunda pekerjaan merusak karir Anda. Karena itu, cobalah beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

1. Fokus pada prioritas Anda
Jika ingin sukses mengatur tugas dan tanggung jawab, Anda perlu fokus pada skala prioritas. Mana tugas yang paling penting. Analisa aktivitas Anda yang mengarah pada masalah dan jauhi faktor-faktor yang menyebabkan penundaan kerja. Hal terpenting adalah untuk terus memotivasi guna mencapai tujuan yang Anda harapkan.

2. Mulai dengan tugas kecil
Kadang yang perlu Anda lakukan adalah melakukan tugas sedikit demi sedikit untuk bisa menyelesaikannya. Jangan dipusingkan dengan betapa beratnya tugas itu, tapi lihat langkah-langkah kecil yang bisa Anda lakukan untuk mengerjakannya.

3. Rencanakan hari Anda
Semua orang yang sukses, biasanya merencanakan hari mereka terlebih dulu. Dengan perencanaan, Anda bisa melakukan tugas lebih banyak dan membuat hari-hari Anda lebih produktif. Tapi bukan hanya membuat perencanaan saja yang penting, karena melakukan rencana itulah yang paling utama.

4. Bangun lebih pagi
Dengan bangun lebih pagi, Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk melawan kebiasaan suka menunda pekerjaan. Jika Anda memiliki kesulitan untuk bangun lebih pagi, maka Anda perlu memotivasi diri sendiri untuk melakukan hal itu. Dalam waktu dua minggu, Anda akan terbiasa dengan jadwal baru tersebut.

5. Jauhkan gangguan
Apabila Anda ingin fokus pada pekerjaan, maka Anda harus bisa menjauhkan diri dari gangguan. Telepon, televisi, internet, dan lainnya, bisa menjadi pengganggu yang akhirnya membuat Anda menunda pekerjaan. Kenali dulu apa penyebab terbesar yang bisa membuat Anda menunda pekerjaan, kemudian lakukan segala cara untuk menjauhinya.