Thursday, January 16, 2014

HUBUNGAN ANTARA UPAYA-UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM

 



ABSTRAK

HUBUNGAN ANTARA UPAYA-UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM (Studi Di SDN Karyabuana 04 Kecamatan Cigeulis Pandeglang).

            Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi manusia sepanjang hayat. Upaya-upaya Guru berpperan penting dalam proses pengajaran harus ditentukan pula oleh kurikulum dan kemampuan guru dalam memberikan arahan dalam ajaran agama Islam, seperti penampilan, kreatifitas, sarana dan sarana kondisi psikologi siswa dan perilaku guru serta penataan organisasi yang tepat sesuai kebutuhan. Akan meningkatkan pengamalan siswa dalam ajaran agama Islam dan menumbuhkan sikap sopan dan soleh dalam berperilaku sehari-hari maupun di sekolah.
Dari latar belakang tersebut maka penelitian ini dapat dirumuskan: 1. Bagaimana upaya-upaya guru PAI dalam meningkatkan Pengamalan siswa terhadap ajaran agama Islam? 2. Sejauhmana kemampuan siswa dalam mengamalkan ajaran Agama Islam? 3. Bagaimana pengaruh upaya-upaya guru dalam kegiatan pengajaran pendidikan Agama Islam terhadap kemampuan siswa dalam mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari di SDN Karyabuana 4 Kec. Cigeulis Kab. Pandeglang?
Penelitian ini bertujuan pertama: Mengetahui upaya-upaya guru PAI dalam kegiatan pengajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Karyabuana 4 Kec. Cigeulis Pandeglang, kedua untuk mengetahui sampai dimana kemampuan siswa dalam mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupannya sehari-hari, ketiga mengetahui pengaruh upaya-upaya guru PAI dalam pengajaran  Pendidikan Agama Islam  terhadap kemampuan siswa dalam mengamalkan ajaran Agama Islam di SDN Karyabuana 4 Kec. Cigeulis Pandeglang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, angket dan daftar pustaka. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 181 dan sampel yang diambil sebanyak 45 orang. Analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment.
            Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara upaya-upaya guru PAI dengan tingkat pengamalan siswa pada ajaran Agama Islam (Y). dengan indeks korelasi (rxy) = 0,539 yang termasuk dalam kategori korelasi sedang.  Kontribusi variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan koefisien determinasi (CD) yaitu sebesar 29,052%, sedangkan sisanya sebesar 70,95 %  dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi peningkatan dan pembinaan upaya-upaya guru PAI yang baik sehingga dapat meningkatkan pengamalan siswa dalam ajaran agama Islam.

Baca selngkapnya, klik disini

No comments:
Write komentar

Silahkan isi komentar Anda disini

E-learning