Thursday, January 16, 2014

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA (Studi Korelasi Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Asy-Syifa).

 



ABSTRAK


SUKAESIH, NIM : A.02.07.0217, HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA (Studi Korelasi Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Asy-Syifa).

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan minat belajar. Motivasi belajar yang tinggi sangat diperlukan karena berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Bagi siswa yang memiliki motivasi yang kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Sehingga boleh jadi siswa yang memiliki intelegensi yang cukup tinggi menjadi gagal karena kurangnya motivasi.
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok penelitian ini, yang pertama bagaimana motivasi belajar siswa kelas IX MTs. Asy-Syifa Cikadu Panimbang, kedua bagaimana hasil belajar Al-Quran Hadits siswa kelas IX MTs. Asy-Syifa Cikadu Panimbang, dan yang ketiga bagaimana pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas IX MTs. Asy-Syifa Cikadu Panimbang. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa, mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits, dan mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syifa Cikadu Panimbang dan seberapa besar hubungan motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di Madrasah Tsanawiyah Asy-Syifa Cikadu Panimbang.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Asy-Syifa Cikadu Panimbang sebanyak 61 orang. Tenik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh atau sensus yaitu dengan mengambil seluruh populasi yang ada. Instrumen utama yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan nilai rapor, sedangkan instrumen penunjang adalah dokumentasi dan observasi.
Dari hasil penelitian diperoleh data motivasi siswa dalam mempelajari bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs. Asy-Syifa Cikadu Panimbang menunjukkan bahwa siswa mempunyai motivasi yang sedang atau cukup. Hal ini terlihat dari hasil analisis data motivasi belajar siswa diperoleh mean = 78,10. Hasil belajar yang diraih oleh siswa MTs. Asy-Syifa Cikadu Panimbang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar yang dievaluasikan oleh guru bidang studi Al-Qur’an Hadits dapat dikualifikasikan pada tingkat cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil analisis data hasil belajar Al-Quran Hadits siswa menunjukkan nilai rata-rata/mean = 71,03. Hasil analisis data dengan menggunakan rumus statistik product moment diperoleh r kerja 0,621. Setelah dikonsultasikan dengan tabel harga kritik pada dk = n – 2 = 61 – 2 = 59, dengan taraf signifikansi 95% diperoleh t hitung > t tabel (3,14 > 2,66). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan tingkat signifikansi tinggi dari motivasi belajar terhadap peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MTs. Asy-Syifa Cikadu Panimbang.

Download Full Register disini

No comments:
Write komentar

Silahkan isi komentar Anda disini

E-learning