Friday, July 27, 2012

Seperti Apa Kuliah di UT?



Ilustrasi: ist.
Ilustrasi: ist.
JAKARTA - Siapa bilang perkuliahan harus selalu melalui pertemuan tatap muka di kelas dengan para dosen? Ternyata, ada cara lain untuk tetap mendapatkan materi kuliah tanpa harus datang ke kampus dan bertemu langsung dengan dosen.

Kesempatan ini yang akan kamu dapatkan ketika kamu memilih Universitas Terbuka (UT) sebagai kampusmu. Pasalnya, kampus yang berlokasi di Pondok Cabe, Tangerang ini menggunakan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) bagi mahasiswanya.

Penasaran? Simak penuturan Rektor UT Tian Belawati dalam Talkshow bertema Peran Serta Sistem PTTJJ dalam Peningkatan Aksesbilitas dan Pemerataan Pendidikan Tinggi di UT Convention Center (UTCC) Pondok Cabe, Tangerang, Selasa (7/2/2012).

Apa perbedaan UT dengan universitas pada umumnya?

Tian menyebutkan, pada dasarnya UT sama saja dengan universitas lain, yakni mengikuti semua regulasi pendidikan yang berlaku. Perbedaannya terletak pada metode perkuliahan yang digunakan.

"Bedanya, UT tidak menitikberatkan perkuliahan melalui pertemuan tatap muka pada waktu tertentu yang telah ditetapkan, jadi lebih fleksibel," kata Tian.

Apakah yang dimaksud dengan pendidikan jarak jauh dan terbuka?


Pendidikan jarak jauh di sini, ujar Tian, tidak terbatas pada jarak secara fisik saja. Misalnya, mahasiswa tersebut berada di Bandung, Papua atau luar negeri, tapi juga jauh secara waktu.

"Jauh secara waktu maksudnya bagi mereka yang memang memiliki waktu yang terbatas dan tidak memungkinkan mengikuti perkuliahan di waktu yang ditentukan. Contohnya, ibu rumah tangga dan karyawan," tuturnya.

Sementara, terbuka, kata Tian, mahasiswa UT tidak dibatasi secara umur maupun lama kuliah. UT tidak membatasi waktu lulusan SMA calon mahasiswa. Mereka juga menerima para lulusan Kejar Paket C.

"Bahkan terakhir, kami menerima mahasiswa yang berasal dari Bandung dengan usia 80 tahun," ujar Tian.(rfa)