Tuesday, June 7, 2011

Theis

 


 

SUBKULTUR


 

Secara sosiologis, sebuah subkultur adalah sekelompok orang yang memiliki perilaku dan kepercayaan yang berbeda dengan kebudayaan induk mereka. subkultur dapat terjadi karena perbedaan usia anggotanya, ras, etnisitas, kelas sosial, dan/atau gender, dan dapat pula terjadi karena perbedaan aesthetik, religi, politik, dan seksual; atau kombinasi dari faktor-faktor tersebut.

Anggota dari suatu subkultur biasanya menunjukan keanggotaan mereka dengan gaya hidup atau simbol-simbol tertentu. Karenanya, studi subkultur seringkali memasukan studi tentang simbolisme (pakaian, musik dan perilaku anggota sub kebudayaan) dan bagaimana simbol tersebut diinterpretasikan oleh kebudayaan induknya dalam pembelajarannya.

Jika suatu subkultur memiliki sifat yang bertentangan dengan kebudayaan induk, subkultur tersebut dapat dikelompokan sebagai kebudayaan tandingan.

Karakteristik dari kebudayaan membentuk pola perilaku – perilaku komunikasi yang khusus, yang tampil dalam konsep subkultur. Yang dimaksud dengan kebudayaan subkultur
adalah kebudayaan yang hanya berlaku bagi anggota sebuah komunitas dalam satu kebudayaan makro. Meskipun kita semua orang indonesia para dokter orang indonesia mempunyai standar norma dan perilak rata – rata dan ideal tersendiri yang diterima dikalangan mereka. Para lesbi dan homoseks juga mempunyai kebudayaan khusus, apa itu dalam bentuk pakaian, makanan, istilah, dan bahasa yang hanya digunakan dan dimengerti oleh mereka. Ini yang disebut dengan subkultur.

Istilah subkultur digunakan secara bertukaran dengan identitas kelompok, istilah ini kurang lebih sama dengan konsep mikrokultur. Rodger ( 1978), sebagaimana dikutip oleh Dodd, menurutnya subkultur adalah suatu kolektifitas orang – orang yang mempunyai kesadaran keanggotaan yang didasarkan pada suatu unit perilaku yang teridentifikasi dengan jelas, yang agak berbeda dengan kebudayaan luas. Tampak bahwa definisi ini mengandung dua pengertian pokok, yakni pengelompokan dan identifikasi sosial. Dua konsep tersebut sangat berkaitan erat dengan batas - batas hubungan antar pribadi.

No comments:
Write komentar

E-learning

Produk Rekomendasi