Monday, April 25, 2011

Contoh PROPOSAL PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

 



PROPOSAL
PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA





PERINTISAN USAHA LOUNDRY

KOTA SERANG


Oleh
Endi Sutrisna (6661072645)





FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
2010




A. LATAR BELAKANG
Pertumbuhan penduduk di Kota Serang berkembang pesat, terutama setelah pemekaran Kota Serang dari Kabupaten Serang, secara tidak langsung menarik penduduk di sekitar Serang untuk urbanisasi ke Kota Serang, saat ini Kota Serang berjumlah 524.704 jiwa dengan luas wilayah 26.619 Ha maka tingkat kepadatan penduduk pada tahun 2009 penduduk Kota Serang mencapai  20 jiwa/Ha. Kecamatan Serang merupakan kecamatan dengan kepadatan paling besar yakni 70 jiwa/Ha. dengan jumlah penduduk yang besar memberikan peluang untuk merintis usaha laundry di kawasan Ciceri Indah, hal ini diperkuat dengan jumlah mahasiswa yang bertempat tinggal ngekos dan kontrak di kawasan tersebut cukup besar, selain mahasiswa, di kawasan tersebut juga banyak dihuni oleh pegawai-pegawai swasta dan PNS. (Bappeda Kota Serang, tahun 2009).
Usaha perintisan Laundry di daerah tersebut di dukung pula dengan usaha lundry yang masih relative sedikit dan hal itu juga hanya terpusat di daerah Cijawa adapun harga loundry per kilo di daerah Cijawa Rp. 5000 / Kilogram, dengan jarak yang jauh dan dengan harga yang cukup mahal, memberikan peluang untuk merintis usaha loundry di kawasan tersebut dengan selisih harga yang kompetetif yang kami tawarkan memberikan peluang yang besar untuk mendukung usaha yang kami rintis.
Saat ini teknologi laundry begitu pesat dengan teknologi mesin cuci yang cepat dengan kapasitas yang besar memberikan kemudahan bagi warga untuk mencuci pakaian tiap hari, akan tetapi kecanggihan tersebut tidak dapat dinikmati semua kalangan masyarakat hal ini dikarenakan harga mesin cuci standar saja cukup mahal mancapai Rp 1,5 juta, dan tidak sedikit waktu untuk mencuci, dan tidak semua masyarakat sempat untuk melakukan mencuci pakaian apalagi jika harus mencuci sepray dan celana jeans yang membutuhkan tenaga yang cukup kuat. Biasanya kalangan muda kurang efisien jika harus mencuci sendiri pakaiannya, dengan perintisan usaha laundry di kawasan tersebut dengan harga yang terjangkau akan membantu kamudahan masyarakat di kawasan tersebut. Sehingga produktifitas masyarakat akan meningkat dengan membantu masyarakat sekitar Ciceri Indah dalam hal meningkatkan lapangan pekerjaan. Dengan sentuhan muslimah dan dengan paket member bagi konsumen merupakan kelebihan yang kami tawarkan daripada loundry-laundry lainnya, usaha kami ddiukung pula dengan rencana menggunakan mesin cuci kapasitas 10 kilogram dan dengan menggunakan pengharum pakaian khusus loundry sehingga harum akan tahan lama.
Dengan semakin padat dan dinamisnya kinerja seseorang, menuntut untuk dapat mengatur waktunya sebaik mungkin. Sedikit sekali orang memiliki kemampuan manajerial dalam membagi waktunya, apalagi untuk hal-hal yang dianggap sepele namun berpengaruh besar. Aktivitas yang kecil namun membawa pengaruh besar tersebut yaitu mencuci pakaian. Bila dipikir berapa banyak orang dikota besar yang bisa membagi waktunya untuk mencuci pakaiannya sendiri, sejak pagi sudah bergelut dengan pekerjaanya, pulang dari kantor sudah larut malam, dan hanya ada satu dibenak pikiran yaitu istirahat. Sebagai contoh untuk di Jakarta sendiri yang memiliki populasi penduduk 8 juta orang dengan rata-rata 2 juta kepala keluarga saat ini diprediksi baru tergarap cucian 5.000 kepala keluarga. Bila masing-masing keluarga itu rata-rata punya empat orang anggota keluarga dengan cucian 1,5 kilogram per hari, maka dalam satu hari 7,5 ton pakaian warga Jakarta yang dicuci menggunakan jasa laundry kiloan, nilai nominalnya setara dengan Rp3 miliar per bulan itu baru dari segmen keluarga. Belum untuk segmen hotel dan restoran. Biasanya, hotel meski mempunyai jasa binatu sendiri, namun kebanyakan justru menggunakan jasa binatu luar untuk seprai, sarung bantal, atau taplak meja.
Untuk 2,3 juta kamar di Jakarta dan rata-rata 40% urusan cuci ini diboyong untuk dicucikan di luar hotel, maka jasa binatu bisa memperoleh Rp4,6 miliar per hari dari cucian hotel itu. Selain itu, binatu juga banyak menerima cucian bagi anak kos khususnya para mahasiswa, karena dirasa harga dari laundry kiloan murah dan sangat terjangkau untuk kantong mahasiswa. Maka tidak heran bahwa bisnis laundry kiloan merupakan bisnis yang menggiurkan dan tidak ada matinya.
Usaha kami juga akan mamasuki instansi baik itu sekolah, badan usaha maupun pribadi, mapaun berbagai kalangan masyarakat karena proses kerja yang cepat, efisien dan jauh lebih efektif daripada masin cuci lainnya, dengan penggunaan mesin cuci yang unggul mamberikan pekerjaan laundry dapat terselesaikan dengan cepat dan efisien.
           
           
B. BIDANG USAHA
            Bidang usaha yang diajukan pemohon di Komplek Ciceri Indah Kecamatan Serang adalah usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan cuci pakaian dan kain (Loundry), yang secara khusus bergerak pada jasa cuci, setrika dan antar jemput pakaian kotor, dengan mengedepankan kualitas jasa dan produk secara terpercaya dan berkelanjutan.   
Kelebihan “Serang Fresh Laundry”
•   memberikan pelayanan maksimal dalam mencuci. Proses mencuci menggunakan mesin cuci front loading, dilakukan dengan sistem, prosedur yang baik dan benar, serta bahan pencuci dan penghilang noda yang berkualitas sehingga menambah umur cucian, yang harum dan tahan lama memberikan warna tersendiri dalam mencuci.
•  Terdapat 6 pilihan pewangi yang dapat dipilih sendiri oleh konsumen, karena diyakini selera konsumen berbeda-beda satu dengan yang lain. Ketahanan pewangi 3-7 hari yang seharum wangi parfum.
•  Merupakan laundry kiloan pertama di Indonesia yang mempunyai software computer khusus dalam pelayanan cuci kiloan, yang dikonsep dengan sistem pengoperasian yang mudah.
•  Memberikan pelayanan yang terbaik pada konsumen terbukti dengan adanya sistem member card sebagai diskon khusus untuk menggarap pelanggan loyal, yang menggunakan kartu eksklusif, dengan menggunakan scanner barcode, lebih mempermudah dalam proses penerimaan dan pengambilan.
•  Sistem Pengepakan yang rapi dengan dibungkus plastik khusus laundry guna menjaga kebersihan dan kerapian pakaian. Plastik di press menggunakan alat khusus (siller) sehingga kesan eksklusif tetap terjaga.
•  Memberikan fasilitas Full Delivery Service (layanan antar-jemput) untuk cucian dalam jumlah banyak.
 
C. TUJUAN
1. Meningkatkan kualitas kecapakan dan keterampilan masyarakat Ciceri Indah 
    dalam hal kebersihan pakaian.
2. Memberikan kemudahan akan jasa Loundry.
3. Menciptakan lapangan kerja di bidang Jasa Loundry.
4. Meningkatkan sumber daya manusia masyarakat Ciceri Indah di bidang teknologi   
    Loundry.

D. MANFAAT
1. Bagi Mahasiswa
            Meningkatkan jiwa usaha mandiri di bidang jasa Loundry dengan praktek langsung di dunia kerja dan masyarakat, meningkatkan jiwa sosial karena secara langsung berinteraksi dengan situasi dan kondisi sosial masyarakat Ciceri Indah yang heterogen.
2. Bagi Perguruan Tinggi
            Meningkatkan eksistensi dan peran perguruan tinggi dalam membina kemandirian  mahasiswa di bidang usaha mandiri, menciptakan pengusaha-pengusaha yang potensial sebagai jawaban atas permasalahan pengangguran, dan secara tidak langsung memberikan pengabdian kepada masyarakat di bidang ekonomi mikro.
3. Bagi UKM
            Memperluas jaringan usaha dan meningkatkan penjualan, mendapatkan tenaga kerja potensial, memberikan akses dalam bidang pemasaran dan mendapatkan pengetahuan yang berperan dalam pemecahan masalah UKM karena adanya transfer pengetahuan dari mahasiswa sebagi mitra usaha.
4. Bagi masyarakat
            Mendapatkan pelayanan yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau dengan akses yang cepat dan berkualitas, meningkatkan SDM di bidang jasa laundry, membantu menyelesaikan masalah di bidang jasa Loundry  sehingga perkembangan jasa masyarakat meningkat. 

E. TARGET LUARAN
            Kegiatan usaha yang dirintis pemohon yang bergerak di bidang jasa pelayanan Loundry, yang bergerak di bidang jasa cuci, setrika, dan antar jemput cucian yang berorientasi ke usaha yang memprioritaskan peningkatan SDM masyarakat Ciceri Indah dengan menjaga kepercayaan masyarakat melalui luaran produk dan jasa yang berkualitas dan bergaransi, secara khususnya terspesifikasi sebagai berikut :
No
Jenis Jasa
Spesifikasi
Kapasitas
Harga (Rp)
Ket.
1
Cuci & Setrika
Per 1 kg
80 Kg
3500/Kg
Disesuaikan
2
Cuci / Setrika saja
Per 1 kg
80 Kg
2500/Kg
Disesuaikan
3
Gordyn / Vitrage / Permadani
Per 1 kg
50 kg
5000/kg
Disesuaikan
4
Cuci Karpet
Per 1 kg
50 kg
5000/kg
Disesuaikan
5
 Cuci bed cover
Per 1 kg
50 kg
5000/kg
Disesuaikan

Bulanan




6
Cuci & Setrika
Per bulan
(maks 75 pcs)
 Rp. 80.000,-
Disesuaikan
7
 Cuci / Setrika saja
Per bulan
(maks 75 pcs)
 Rp. 50.000,-
Disesuaikan
* Menyesuaikan dengan kondisi harga pasar


F. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Kegiatan usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan Loundry, secara khusus bergerak di bidang jasa cuci, setrika, service dan antar jemput cucian terencana sebagai berikut :
1. Modal Investasi dan Modal Kerja
No
Modal Investasi Dan Modal Kerja
Jumlah
Sumber
1
Bangunan Toko
1
Sewa
2
Modal
Rp. 21.000.000
UNTIRTA
3
Keterampilan Service Loundry yang Berpengalaman
2
Pribadi
4
Mesin Cuci  
1
Pribadi

2. Rencana Produksi/Jasa dan Pemasaran Produk/Jasa
No
Jenis Produk/Jasa
Target Pemasaran
Daerah Pemasaran
1
Cuci & Setrika
Siswa sekolah, mahasiswa, Rumah tangga, sekolah, kantor/lembaga
 dan masyarakat

2
Cuci / Setrika saja
3
Gordyn / Vitrage / Permadani
4
Cuci Karpet
5
Cuci bed cover
8
Dain lainnya yang berkaitan



3. Rencana Organisasi dan Manajemen
No
Kegiatan
Strategi
Media
Ket.
1
Persiapan pendirian badan usaha
Konsilidasi dan pemberian materi dan prosedur melalui pelatihan internal organisasi 
Organisasi
Serempak
2
Pendirian usaha
Melibatkan peran manajer dengan anggota
Organisasi
Kerjasama
3
Menentukan jenis produk/jasa
Klasifikasi produk/jasa secara detail dengan harga yang terjangkau dan jelas
Komunikasi dan koordinasi
Jelas dan murah
4
Promosi dan iklan
Iklan yang mudah dimengerti dan menarik
-          brosur
-          selebaran
-          poster
-          spanduk
-          radio

5
Memberikan produk/jasa yang baik berkualitas
-          ramah
-          sopan
-          sabar
-          memberikan kesan betah
Analisis karyawan
Berkelanjutan
6
Memberikan tanggapan terhadap keluhan mengenai produk/jasa
-          cepat tanggap
-          garansi yang jelas
-          penggantian barang dengan yang layak jika tidak sesui dengan kesepakatan
Analisis pelayanan 
Kesigapan dan ucapan maaf jika layanan kurang memuaskan
7
Mengadakan survei kepuasan pada konsumen secara priodik
Selebaran atau kuis
Analisis kepuasan konsumen
Secara berkala setiap  6 bulan sekali
8
Rekap dan Pelaporan uasaha yang telah berjalan  hasil
- Tingkat kunjungan
- tingkat penjualan
- jumlah laba
- mengklasifikasikan  
  keluhan dan kendala
  dalam proses usaha
- menarik kesimpulan
  untuk dijadikan 
  pedoman ke masa yang  
  akan datang
 tertulis
Berkala setiap 6 bulan sekali


G. RENCANA ANGGARAN BIAYA DAN PRAKIRAAN PROFIT
A. Rencana Anggaran Biaya/Bulan
No
Jenis anggaran
Jumlah (Rp)
UNTIRTA
Kredit Usaha
Sumber
lain
Subtotal
1
Modal investasi
a. sarana prasarana
  1) bangunan/bulan
b. peralatan
    1) mesin cuci
    2) alat setrika


500.000

2.000.000
200.000














500.000

2500.000
2700.000


2
Modal  kerja
a.  bahan baku
    1) lemari besi pakaian
    2) 1 timbangan kp.100Kg
b. gaji karyawan
     1) 2 orang/bulan
c. operasional
    1) trasfortasi
    2) konsumsi







500.000

200.000
  100.000






1.000.000
250.000



3.700.000
3.950.000


4.450.000

4.650.000
4.750.000


Total
4.750.000


B. Prakiraan Profit / Bulan
No
Jenis Produk/Jasa
Jumlah target
Harga Pokok
Harga Jual
Profit
1
Cuci & Setrika
640 kg
-
3.500
2.240.000
2
Cuci / Setrika saja
170 kg
-
2.500
425.000
3
Gordyn / Vitrage / Permadani
280 kg
-
5000
1.400.000
4
Cuci Karpet
180kg
-
5000
900.000
5
Cuci bed cover
120 kg
-
5000
600.000
8
Dan lainnya yang berkaitan





Total
5.565.000

Target perbulan = total keseluruhan
5.565.000

No comments:
Write komentar

E-learning

Produk Rekomendasi