Wednesday, April 20, 2011

Kualitas Pelayanan Perpustakaan Untirta

 


BAB  I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang Masalah
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten merupakan Universitas negeri di Banten, walaupun usianya belum lama menjadi negeri (8 Tahun) tetapi Untirta merupakan Universitas yang banyak diminati oleh masyarakat terbukti dengan data yang diperoleh dari BAAKPSI-UNTIRTA bahwa jumlah mahasiswa baru pada tahun 2010 sebanyak 3.516 Mahasiswa yang diterima di Untirta, jumlah mahasiswa yang diterima pada tahun 2010 meningkat dari penerimaan mahasiswa tahun 2009 sebanyak 3.338 mahasiswa yang diterima di Untirta,  sehingga Untirta mampu untuk bersaing dengan Universitas Negeri yang ada di Indonesia. Untirta terdiri dari 6 Fakultas diantaranya : 5 Fakultas berada di kampus Serang yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan 1 Fakultas berada di kampus Cilegon yaitu Fakultas Teknik. Di kampus Serang terdapat beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak kampus diantaranya : disediakan gedung Pusdainfo dan Perpustakaan.
Dimana gedung Pusdainfo merupakan tempat atau pusatnya data dan informasi yang disediakan oleh pihak kampus sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Pusdainfo adalah satu-satunya tempat dimana mahasiswa dapat memperoleh informasi seputar kampus, bukan hanya data dan informasi saja yang dapat diperoleh disana melainkan keluhan dapat juga disampaikan disana seperti perbaikan KRS (Kartu Rencana Studi).
Perpustakaan merupakan tempat untuk menyimpan buku atau sebuah koleksi buku dan majala, namun secara umum Perpustakaan dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu untuk membeli sekian banyak buku yang dibutuhkan. Sehingga perpustakaan dapat dikatakan sebagai suatu tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dari beberapa buku yang tersedia. Didalam Perpustakaan terdapat pelayanan untuk mendapatkan suatu sarana tersebut yaitu peminjaman buku yang kita butuhkan.  Didalam pelayanan peminjaman buku tersebut masyarakat itu sendiri selayaknya menjalankan peraturan yang telah dibuat dan ditetapkan oleh Perpustakaan itu sendiri, karena ketika kita berada dilingkungan Perpustakaan kita harus mentaati peraturan Perpustakaan itu sendiri. Didalam pelayanan Perpustakaan Untirta masih terdapat beberapa pelayanan yang kurang memuaskan baik dari segi pelayanan peminjaman buku dan system pengelolaannya yang kurang memuaskan. Seperti terdapat buku-buku yang tidak tersusun rapih di Rak buku sehingga menyulitkan kita untuk mencari buku yang kita butuhkan,  seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

No comments:
Write komentar

E-learning

Produk Rekomendasi