Wednesday, December 22, 2010

DARAH

 


DARAH 
### 

Sebagian besar tubuh tidak berkontak langsung dengan lingkungan eksternal,namun sel-sel ini harus melakukan pertukaran dengan lingkungan,misalnya,menyerap O2 dan nutrien dan membuang zat-zat sisa selain itu zat-zat perantara kimiawi harus diangkut antara sel-sel agar aktifitaas terintegras dapat berlangsung.Untuk melaksanakan pertukaran jarak jauh ini sel-sel dihubungkan satu sama lain dan dengan lingkungan eksternal oleh pembuluh darah.Darah diangkut ke semua bagian tubuh melalui ssuatu sistem pembuluh yang membawa pasokan segar ke sel sekaligus mengeluarkan zat-zay sisa sel-sel tersebut.
Semua darah yang dikompa oleh sisi kanan jantung mengalir ke paru-paru untuk menyerap O2 dan mengeluarkan CO2.Darah yang di pompa ileh sisi kiri
jantung dibagi-bagi dalam berbagai perbandingan ke organ-organ sistemik melalui pembuluh –pembuluh yang tersusun paralel dan bercabang dari aorta.susunan sel ini memastikan bahwa semua organ menerima darah dengan komposisi.
Darah secara terus-menerus “diperbarui”sehingga komposisinya relatif konstan walaupun pasokan nutrien atau O2 nya terus-menerus diserap oleh jaringan untuk menunjang aktifitas metabolik dan terus-menerus mendapatkan tambahan zat sisa dari jaringan organ-organ yang memperbarui darah dalam keadaan normal,pada pokoknya,menerima lebih banyak darah daripada yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan metabolik dasar,sehingga organ-organ itu dapat melakukan penyesuaian komeostatik pada darah.Aliran darah organ-organ lain : jantung,otot rangka,dst.Hanya untuk memenuhi kebutuhan metabolik jaringan dan dapat disesuaikan dengan tingkat aktifitas organ-organ tersebut,karena menerima darah yang melebihi kebutuhan.
Organ-organ yang diperbarui dapat menghadapi kekurangan,sementara aliran darah dibandingkan dengan organ lain yang tidak mendapatkan tambahan pasokan darah tersebut,otak akan mengalami kerusakan pernanen pabila kekurangan darah walaupun hanya sesaat.Dengan demikian,Prioritas utama dalam fungsi keseluruhan sistem sirkulasi adalah penyaluran konstan darah ke otak yaitu organ yang paling tidak toleran terhadap gangguan aliran darah.

MATERI
Pembuluh-pembuluh darah berdasarkan tipe pembuluh darah dibagi beberapa bagian anatara lain :
  1. Arteri
Merupakan sistem penyalur darah yang berjari-jari besar dan beresistensi rendah yang berjalan dari jantung ke jaringan yang membawa darah ke seluruh bagian dan alat tubuh.
Arteri mempunyai dinding yang tebal tetapi sifatnya elastis
Arteri berfungsi sebagai saluran cepat ke jaringan dan sebagai reservoir tekanan
  1. Arteriol
Merupakan pembuluh resistensi utama,Resistensi mereka yang tinggi menyebabkan penurunan drastis tekanan rata-rata anatara arteri dan kapiler.Penurunan ini meningkatkan aliran darah yang berperan menimbulkan perbedaan tekanan antara jantung dan jaringan.
Arteriol mempunyai dinding sangat brotot dan banyak memiliki persarafan jari-jari kecil.
Arteriol berfungsi sebagai pembuluh resistensi utama yang menentukan curah jantung.
  1. Kapiler
Merupakan pembuluh darah yang sangat halus diameternya kira-kira 0,008 mm.
Kapiler mempunyai dinding tipis dan terdiri dari satu lapisan endotel
Kapiler berfungsi sebagai tempat pertukaran,menentukan distribusi cairan akstrasel antara plasma dan cairan interstisium
  1. Vena
Merupakan sistem pengumpul dan menyalurkan darah menuju jantung.
Vena mempunyai dinding tipis,mudah teranggang dan jari-jari besar.
Vena berfungsi sebagai jalan ke jantung dari jaringan dan sebagai reservoir darah.

Pembagian sistem pembuluh darah berdasarkan  fungsi :
  1. Sistem distribusi
Pembuluh darah ini berfungsi untuk mengalirkan darah ke dalam organ-organ tubuh
  1. sisitem mikrosirkulasi
sistem mikrosirkulasi disebut juga dengan sistem kapiler yang berfungsi untuk membagikan darah atau cairan tubuh kedalam cairan ekstravaskuler dan selanjutnya menuju ke intraseluler.
  1. Sistem Pengumpul
Termasuk kedalam sistem pengumpul adalah pembuluh darah vena,mengumpulkan darah yang berasal dari jaringan tubuh.

1.1 SIRKULASI JANTUNG
Jantung berada dalam rongga,torak,berat 330 gr dan berukuran sebesar kepalan orang dewasa.Jantung berdenyut 100 ribu kali dalam 24 jam dan memompa darah sekitar 7200 liter darah.
Jantung terdiri dari 4 bagian dan berfunsi sebagai pemompa darah,yaitu pompa darah primer yaitu atrium kanan dan atrium kiri dan dua pompa darah sekunder berupa pentrikel kanan dan kiri.Periode kontraksi yang dimulai dari satu kontraksi jantung sampai awal kontraksi jantung berikutnya disebut satu siklus jantung.
                Tiap siklus jantung dimulai dengan pembentukan aksi potensial spontan pada S.A.Node (Sinoatrial atau sinoauriral node).Potensil listrik yang terjadi menjalar dengan cepat keseluruh atrium dan selanjutnya menuju keatrium pentrikularnode (A.V.node), Selanjutnya menuju kepentrikel.
                Impuls dari pada S.A.node akan terbentuk secara teratur,yaitu 60.100 x permenit dan impuls tersebut diantarkan menuju A.V.Node.Dari A.V.Node keluar serabut yang disebut sebagai berkas A.V.atau berkas His. Selanjutnya A.V.Bercabang dua menjadi serabut purkinye kiri dan kanan
               
Dalam kerjanya jantung mempunyai tiga periode antara lain :
  1. Perode kontriksi (perode sistol)
Suatu keadaan dimana jantung bagian ventrikel dalam keadaan menguncup.Katup bikus dan trikuspidalis dalam keadaan tertutup.Valvula seminularis aorta dan vasvula semilunaris arteri pulmonalis terbuka.
  1. Peride dilatasi
Suatu keadaan dimana jantung mengembang.katup bikus dan trikus pidalis terbuka,sehingga darah dari atrium sinistra masuk ventrikel sinistra dan darah dari atrium sinistra masuk ke ventrikel dekstra.
  1. Perode istirahat
Yaitu waktu antara perode konstriksi dan dilatasi dimana jantung berhenti kira-kira 10 detik.Pada waktu kita istirahat jantunh akan menguncup sebanyak 70-80 kali/menit,pada tiap-tiap kontraksi jantung akan memindahkan darah keaorta sebanyak 60-70cc.

1.2 SIRKULASI DARAH    
Pembuluh darah pada peredaran darah kecil terdiri atas :
  1. Arteri pulmonaris,Merupakan pembuluh darah yang keluar dari pentrikel dekstra menuju ke paru-paru,mempunyai 2 cabang yaitu dekstra dan sinistra.Untuk paru-paru kanan dan kiri yang banyak mengandung CO2 di dalam darahnya.
  2. Vena pulmonalis merupakan vena pendek yang membawa darah dari paru-paru masuk ke jantung bagian atrium sinistra.Didalamnya berisi darah yang banyak menganbdung O2.
     
Pembuluh darah pada peredaran darah besar yaitu :aorta,merupakan pembuluh darah arteri yang besar yang keluar dari jantung bagian ventrikel sinistra melalui aorta asendens lalu membelok ke belakang melalui radiks pulmonalis sinistra,Turun sepanjang kolumna verteberalis menembus diapragma lalu menurun ke bagian perut.
Jalannya arteri terbagi atas 3 bagian :
1.       Aorta asendens,aorta yang naik ke atas dengan panjangnya 5 cm.Cabangnya arteri koronaria masuk ke jantung
2.       Arkus aorta,yaitu bagian aorta yang melengkung arah ke kiri,didepan trakea sedikit ke bawah sampai vena torakalis IV.Sampai Vertebra lumbalis IV.

Letaknya :
1.Aorta torakalis dimulai dari vertebra torakalis IV,sampai menembus diapragma
Percabangannya sampai pada dinding toraks dan alat-alat Viseral yang ada di rongga toraks
2.Aorta abdominalis,pada vertebra torakalis XII terbagi 2:
a. Arteri iliaka komunis dekstra dan
b. Arteri iliaka komunis sinistra.
      
1.3 DARAH
Suatu jaringan tubuh yang terdapat di dalam pembuluh darah yang warnanya merah. Warna merah itu keadaannya tidak tetap tergantung pada banyaknya o2 dan co2 di dalamnya. Darah yang banyak mengandung co2 warnanya merah tua.
Adanya o2 dalam darah di ambil dengan jalan bernapas dan zat ini sangat berguna pada peristiwa pembakaran / metabolisme dalam tubuh
Darah selamanya beredar dalam tubuh oleh karena adanya kerja atau pompa jantung dan selama darah berada dalam pembuluh, maka akan tetap encer. Tetapi kalau ia keluar dari pembuluhnya maka ia akan menjadi beku.
Pembekuan ini dapat di cegah dengan jalan mencampurkan kedalam darah tersebut sedikit obat anti pembekuan / sitrasmatrikus. Dan keadaan ini dangat berguna apabila darah tersebut diperlukan untuk tranfusi darah.

1.4 BNYAKNYA DARAH
Pada tubuh yang sehat atau orang dewasa terdapat darah sebanyak kira-kira 1/12 dari berat badan atau kira-kira 4-5 liter. Keadaan jumlah tersebut pada tiap-tiap orang tidak dama, tergantung pada umur , pekerjaan, keadaan jantung atau pembuluh darah.
Tentang viskositas / kekentalan daripada darah lebih kental dari pada air yaitu : mempunyai Bj 1,011-1,067 dengan temperatur 38oc dan ph 7,37-7,45.

FUNGSI DARAH
Fungsi darah terdiri atas:
1. Sebagai alat pengangkut yaitu:
a. Mengambil O2 /zat pembakaran dari paru-paru untuk diedarkan
    keseluruh sebagian tubuh.
b. Mengangkat CO2 dari jaringan untuk dikeluarkan melalui paru-paru.
c. Mengambil zat-zat makanan dari usus halus untuk diedarkan dan
    dibagikan
                    keseluruh jaringan/alat tubuh
d. Mengangkat/mengeluarkan zat-zat yabg tidak berguna bagi tubuh untuk
                dikeluarkan melalui kulit dan ginjal.
2. Sebagai pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit dan racun yang
     membinasakan tubuh dengan perantaraan leukosit,antibody atau zat anti racun.
3.  Menyebarkan panas ke seluruh tubuh

1.5 BAGIAN-BAGIAN DARAH
1.Air                                       : 91%
2.Protein                             : 3%(albunin,globulin,protombin dan fibrinogen)
3.Mineral                             :0,9%(natrium klorida,natrium bikarbonat,garan fospat,magnesium,kalsium dan zat besi)
4.Bahan organik                :0,1%     (glukosa,lemak,asam aurat,keratinin,kolesterol dan   asam amino            

Jadi nyatalah bahwa darah terdiri dari dua bagian yaitu:
1.Sel-sel darah ada 3 macam yaitu:
   a.Eritrosit (sel darah nerah)
   b.Leukosit (sel darah putih)
   c.Trombosit (sel pembeku darah)
2.Plasma darah

Eritrosit (sel darah merah).Kalau kita periksa dan kita lihat di bawah mikroskop Maka nyatalah bahwa eritrosit dapat diterangkan sebagai berikut:Bentuknya Seperti cakram /bikonkap dan tidak mempunyai inti.Ukurannya kira-kira 7,7 unit(0,007 mm) diameter.Karena didalamnya mengandung suatu zat yang disebut hemoglobin.Warna ini akan bertambah merah jika didalamnya banyak mengandung O2.Fungsinya,mengikat dari paru-paru untuk diedarkan keseluruh jaringan tubuh dan mengikat CO2 dari jaringan tubuh untuk dikeluarkan melalui paru-paru.
Jumlah normal pada orang dewasa kira-kira 11,5-15 gram dalam 100cc darah.Normal Hb wanita 11,5 mg % dan Hb laki-laki 13,0 mg %. Leukosit (sel darah putih).Keadaan bentuk dan sifat-sifat dari leukosit berlainan dengan eritrosit dan apabila kita periksa dan kita lihat dibawah mikroskop maka akan terlihat:bentuknya yang dapat berubah-ubah dan dapat bergerak dengan perantaraan kaki palsu,(pseudopodia)mempunyai bermacam-macam inti sel sehingga ia dapat dibedakan menurut inti selnya,warnanya bening(tidak berwarna)
banyaknya dalam 1 mm3 darah kira-kira 6.000-9.000.

Fungsinya:
1. Sebagai serdadu tubuh yaitu,membunuh dan memakan bibit penyakit/bakteri
    yang masuk kedalam tubuh jaringan resistim retikulo endotel,tempat
    pembiakannya di dalam limpa dan kelenjar limpe.
2.Sebagai pengangkut yaitu,mengangkut/membawa zat lemak dari dinding usus
   dinding usus melalui limpa terus ke pembuluh darah.

Trombosit (sel pembeku)
Merupakan benda-benda kecil yang mati yang bentuk dan ukurannya bermacam-macam, ada yang bulet  dan ada yang lonjong, warnanya putih banyaknya normal pada orang dewasa 200.000-300.000/mm3. Fungsinya untuk pembekuan darah.
Zat-zat yang terdapat dalam plasma darah
Fibrinogen berguna dalam peristiwa pembekuan darah
1.     Garam-garam mineral berguna dalam metabilisme dan juga mengadakan osmotic
2.    Protein darah meningkatkan fikositas darah dan juga memelihara keseimbangan cairan dalam tubuh
3.     Zat makanan
4.     Hormon
5.     antibodi/Antitoksin

Tingkatan golongan darah
Skema golongan darah menurut landsteiner
GOLONGAN DARAH
AGLUTINOGEN ERITROSIT
AGLUTININ SERUM
AB
A DAN B
-
A
A
BETA
B
B
ALPA
O
-
ALPA BETA

Tekanan darah
Tekanan darah erteri.Kekuatan darah ke dinding pembuluh darah yang menampung mengakibatkan tekanan ini berubah-rubah pada setiap siklus jantung.pada saat Vertikel kiri memaksa darah masuk ke aorta tekanan naik sampai ke puncak yang disebut tekanan sistolik.

Daftar Pustaka
Dr.A Purba dr.MS.2001.CARDIOVASKULER.Bandung.Bagian ilmu FAA Fakultas kedokteran Universitas Padjajaran.
Sherwoud,tauralee.2001.Fisiologi manusia dari sel ke sistem.Kedokteran EGC.

No comments:
Write komentar

Silahkan isi komentar Anda disini

E-learning

Produk Rekomendasi