Monday, November 8, 2010

Say Stop to Global Warming

 


Say Stop to Global Warming

“Stop Global Warming!!!”, kamu pasti sudah sering mendengar atau melihat kalimat tersebut dimana – mana, baik di media cetak, elektronik, maupun di jalan – jalan besar banyak poster yang memampangnya. Karena saat ini masyarakat seluruh dunia sedang gencar – gencarnya mengkampanyekan stop pemanasan global atau nama kerennya global warming. Tapi sebenarnya apa arti istilah global warming itu? Global warming adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi akibat adanya efek rumah kaca. Efek rumah kaca disebabkan oleh meningkatnya gas karbon dioksida, dan gas - gas lainnya di atmosfer. Adanya penebangan hutan secara liar, penggunaan kendaraan bermotor, asap – asap pabrik merupakan beberapa penyebab meningkatnya karbon dioksida.
Global warming berdampak buruk bagi bumi juga bagi kelangsungan makhluk hidup. Bayangkan apabila panas bumi terus meningkat setiap tahunnya maka es yang berada di kutub akan mencair dan perlahan – lahan sebagian daratan yang menjadi tempat tinggal makhluk hidup akan tenggelam. Indonesia merupakan salah satu negara yang akan menerima dampak besar karena Indonesia merupakan negara kepualauan. Efek lain dari global warming yaitu adanya perubahan iklim yang mengakibatkan keadaan cuaca berubah – ubah dan mengingat negara kita mengandalkan sektor pertaniannya maka akan dikhawatirkan dengan adanya perubahan iklim tersebut banyak produk pertanian yang gagal di panen. Munculnya berbagai penyakit seperti kanker kulit, asma, demam berdarah dan katarak juga merupakan efek yang timbul akibat global warming. Hal ini jelas sangat meresahkan seluruh penduduk bumi.
Global warming masih bisa diatasi dengan beberapa cara, diantaranya jangan menebang hutan tanpa izin dan tanami lahan – lahan yang gundul karena hutan mampu mengikat karbon dioksida di udara, disarankan untuk menggunakan kendaraan umum agar asap kendaraan yang mengandung CO2 tidak banyak dikeluarkan dan apabila bepergian dengan jarak yang dekat disarankan akan lebih baik jika menggunakan sepeda, selain menghemat energi juga dapat dijadikan alternatif berolah raga, sebaiknya hentikan penggunaan kantong plastik atau barang – barang yang terbuat dari plastik lainnya karena butuh waktu yang lama agar sampah plastik dapat terurai, lebih baik gunakan barang – barang yang dapat digunakan secara berulang – ulang, hemat dalam penggunaan listrik dan terapkan dalam kehidupan sehari – hari 3 R yaitu:
1.             Reduce, dengan cara mengurangi sampah dan sebaiknya pisahkan antara sampah organik dan nonorganik.
2.            Reuse, yaitu menggunakan barang lebih dari satu kali.
3.            Recycle, yaitu mendaur ulang barang – barang lama menjadi barang baru yang dapat digunakan kembali.
Selamatkan bumi kita sebelum terlambat dengan menerapkan hal – hal yang dapat mencegah terjadinya global warming. Kita kampanyekan bersama slogan stop global warming.

 


Rianing Astuti

No comments:
Write komentar

Silahkan isi komentar Anda disini

E-learning

Produk Rekomendasi